Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan penerapan penerimaan
peserta didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi siswa UPT SPF SD Negeri Daya
II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, dan Pengaruh Penerimaan peserta
didik baru (PPDB) berbasis sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa UPT SPF
SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Jenis penelitian ini
adalah penelitian Ex-Post Facto. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional
karena merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi
mengenai pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini peserta didik kelas 1 sampai kelas 5 UPT SPF SDN DAYA II
Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah
292 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A sebanyak 28
peserta didik melalui jalur zonasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu
angket dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik
inferensial. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji hipotesis maka diperoleh
kesimpulan bahwa: Proses penerimaan peserta didik baru adalah tahap-tahap yang
akan dilakukan oleh calon peserta didik baru yang akan mendaftar dalam sebuah
lembaga pendidikan mulai dari mendaftar sampai penentuan kelulusan, calon
peserta didik ini nantinya akan mengikuti setiap kegiatan yang telah ditentukan oleh
lembaga pendidikan sebagai syarat utama diterima dilembaga pendidikan tersebut
dan Terdapat pengaruh secara signifikan penerimaan peserta didikbaru berbasis
sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa UPT SPF SD Negeri Daya II
Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.