KOMPARASI PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DAN STRATEGI PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PINRANG

Show simple item record

dc.contributor.author SUPARDI
dc.date.accessioned 2023-10-31T07:36:10Z
dc.date.available 2023-10-31T07:36:10Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106004
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8769
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan: (1) pemahaman konsep IPA dengan menggunakan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas V Sekolah Dasar, (2) pemahaman konsep IPA dengan menggunakan strategi peta konsep dalam pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas V Sekolah Dasar, (3) perbedaan pemahaman konsep IPA yang menggunakan strategi konflik kognitif dengan strategi peta konsep pada pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian ini adalah kelas V Sekolah Dasar, kelas eksperimen I di UPT SD Negeri 102 Pinrang dengan jumlah sebanyak 27 siswa menggunakan pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dengan strategi konflik kognitif dan kelas eksperimen II di UPT SD Negeri 100 Pinrang sebanyak 25 siswa menggunakan pembelajaran kooperatif Team Games Tournament dengan strategi peta konsep. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pemahaman konsep IPA siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan strategi konflik kognitif. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kategori pemahaman siswa dari kategori rendah menjadi kategori sedang, (2) pemahaman konsep IPA siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan strategi peta konsep terbukti dengan meningkatnya skor nilai rata-rata siswa, (3) pemahaman konsep IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tounament dengan strategi konflik kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan pemahaman konsep IPA siswa menggunakan Teams Games Tornamaent dengan strategi peta konsep, terbukti dengan perbedaan hasil skor nilai rata-rata siswa menggunakan dua strategi tersebut. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pemahaman konsep IPA en_US
dc.subject strategi konflik kognitif en_US
dc.subject strategi peta konsep en_US
dc.subject Teams Games Tournament. en_US
dc.title KOMPARASI PENERAPAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DAN STRATEGI PETA KONSEP DALAM PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PINRANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account