Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap motivasi belajar dan keterampilan
berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar. Jenis
penelitian ini quasi ekperimental, desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group. Populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus I
Kecamatan Makassar yang berjumlah 323 orang, sampelnya yaitu kelas V-c dengan
jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V-d dengan jumlah
siswa 24 orang sebagai kelas control.instrumen yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah pretest dan postest untuk keterampilan berbicara
dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual,
Intelektua) dan angket untuk motivasi belajar.
Data analisis menggunakan analisis statistik deskriptif pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) pada kelas eksperimen motivasi belajar
sebesar 89,24 dan untuk keterampilan berbicara sebesar 88,40 dengan sig 0,00
sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran SAVI
(Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) motivasi belajar sebesar 53,50 dan
keterampilan berbicara sebesar 45,83 dengan sig 0,00. Data tersebut menunjukkan
bahwa ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual,
Intelektual) terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berbicara
bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar.