DSpace Repository

PENGARUHMODELPEMBELAJARANSAVI(SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author YULIANTI
dc.date.accessioned 2023-10-31T07:44:38Z
dc.date.available 2023-10-31T07:44:38Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106025
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8773
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap motivasi belajar dan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar. Jenis penelitian ini quasi ekperimental, desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group. Populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar yang berjumlah 323 orang, sampelnya yaitu kelas V-c dengan jumlah siswa 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V-d dengan jumlah siswa 24 orang sebagai kelas control.instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pretest dan postest untuk keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektua) dan angket untuk motivasi belajar. Data analisis menggunakan analisis statistik deskriptif pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) pada kelas eksperimen motivasi belajar sebesar 89,24 dan untuk keterampilan berbicara sebesar 88,40 dengan sig 0,00 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) motivasi belajar sebesar 53,50 dan keterampilan berbicara sebesar 45,83 dengan sig 0,00. Data tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) terhadap peningkatan motivasi belajar dan keterampilan berbicara bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model Pembelajaran SAVI en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Keterampilan Berbicara. en_US
dc.title PENGARUHMODELPEMBELAJARANSAVI(SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account