Abstract:
Hasil Belajar, globalisasi, Contextual Teaching Learning penyampaian
materi PKn di kelas IV SDN 17 Pelokang Kab. Pangkajene dan Kepulauan
masih bersifat monoton atau berpusat pada guru, sehingga berdampak
pada perolehan aktivitas dan hasil belajar siswa. Perolehan nilai dan hasil
belajar Pkn maten globalisasi di SDN 17 Pelokang Kab. Pangkajene dan
Kepulauan tahun ajaran 2017/2018 masih rendah. Hal ini terlihat dari
perolehan hasil belajar siswa yang masih kurang dari KKM yang ditentukan.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa kelas IV SDN 17 Pelokang Kab. Pangkajene dan Kepulauan dalam
memahami mata pelajaran PKn materi globalisasi, dengan menggunakan
model Contextual Teaching and Leaming. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus
terdiri dan 2 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat
tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek
penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 17 Pelokang Kab. Pangkajene dan
Kepulauan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 8 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan nontes (observasi
dan dokumentasi) Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai
Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,34% dan meningkat menjadi
89,19% pada siklus II Jadi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan
sebesar 21,85%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas
sebesar 68,06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 74% dan meningkat
menjadi 80,24 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,68%. Jadi hasil
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,18. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
Contextual Teaching and Leaming dapat meningkatkan hasil belajar PKn
materi globalisasi di kelas IV SDN 17 Pelokang Kab. Pangkajene dan
Kepulauan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar dalam embelajaran
PKn hendaknya guru menerapkan model Contextual Teaching and
Learning