GASTRODIPLOMASI JEPANG MELALUI PROGRAM JAPAN HALAL FOOD PROJECT (JHFP) DI INDONESIA

Show simple item record

dc.contributor.author Anugrah, Andi Muhammad
dc.date.accessioned 2023-11-03T05:51:34Z
dc.date.available 2023-11-03T05:51:34Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.citation UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.identifier.other 4519023019
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/8978
dc.description.abstract Gastrodiplomasi adalah suatu bentuk praktek komunikasi pemerintahan kepada publik dengan menggunakan makanan sebagai elemen utama untuk memberikan pemahaman budaya kuliner kepada publik asing. Tujuan dari gastrodiplomasi adalah untuk mengangkat citra positif suatu negara melalui pemanfaatan makanan. Pemberlakuan gastrodiplomasi Jepang ke Indonesia sudah dilakukan sejak lama, namun yang menarik perhatian adalah dengan Jepang mengadakan Japanese Halal Food Project (JHFP), yang dasarnya merupakan sebuah bentuk program yang dilaksanakan oleh Jepang di Indonesia dengan tujuan untuk meingkatkan penyebaran produksi makanan halal di Jepang di berbagai negara, agar kedepannya industri makanan Jepang menjadi lebih luas. Dalam penerapannya, gastrodiplomasi memiliki 6 jenis strategi, yang terdiri dari: (1) Strategi pemasaran produk; (2) Strategi food event; (3) Strategi condition-building; (4) Strategi option leader: (5) Strategi media sosial; dan (6) Strategi edukasi kuliner. Studi ini bergulat dengan menemukan dan mendeskripsikan proses dan strategi yang diterapkan oleh pemerintah Jepang di Indonesia yang menggunakan makanan sebagai instrumen utama dalam menciptakan citra negara ramah muslim. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menganalisis strategi kampanye gastrodiplomasi dalam program Japan Halal Food Project (JHFP). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik kepustakaan atau library technique. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Japan Halal Food Project (JHFP), Jepang hanya menerapkan 5 dari 6 strategi yang umum dilakukan. Yang terdiri dari (1) Strategi pemasaran produk; (2) Strategi food event; (3) Strategi option leader; (4) Strategi media sosial; dan (5) Strategi edukasi kuliner. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Gastrodiplomasi en_US
dc.subject Makanan halal en_US
dc.subject JHFP en_US
dc.title GASTRODIPLOMASI JEPANG MELALUI PROGRAM JAPAN HALAL FOOD PROJECT (JHFP) DI INDONESIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account