Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Hubungan keterampilan
menulis karangan deskripsi dengan penguasaan kosakata siswa kelas V UPTD SD
Negeri 73 Parepare, (2) Hubungan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan
penguasaan kosakata siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare, sebanyak 25
peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket,
sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan
analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, (1) Berdasarkan hasil
penelitian terdapat hubungan yang linear antara variable penguasaan kosakata dengan
variable keterampilan menulis karangan deskriptif siswa, (2) Minat menulis berkorelasi
positif degan keterampilan menulis karangan deskriptif siswa, (3) Pengasaan kosakata
dan minat menulis secara bersama- sama mempengaruhi keterampilan menulis
karangan deskriptif siswa.