Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) penerapan strategi K-W-L
(Know-Want-Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman
siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi, (2) peningkatkan hasil belajar
membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi melalui
penerapan strategi KWL (Know-Want-Learn), (3) penerapan strategi K-W-L
(Know-Want-Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman
siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi.Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jumlah sampel dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi, yang berjumlah 18
siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Metode pengumpulan
data yang digunakan yaitu tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang
digunakan yaitu menganalisis hasil observasi dan analisis hasil tes kemampuan
membaca pemahaman.Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh hasil tes
keterampilan membaca pemahaman siklus I dengan nilai rata-rata 57,02 dan
kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 55%, begitu pula dengan tes hasil belajar
dengan nilai rata-rata 52,33 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 33%,
selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yakni nilai rata-rata setiap
individu 86,27 dengan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 89% untuk
kemampuan membaca pemahaman dan unutk hasil belajar mengalami
peningkatan nilai ratar-ata yakni 89,41 dengan kriteria ketuntasan sebesar 94%.