DSpace Repository

PENERAPAN STRATEGI KNOW, WANT, LEARNING (K-W-L) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 5 LAWAWOI KABUPATEN SIDRAP

Show simple item record

dc.contributor.author LAPI, MISNAWATI
dc.date.accessioned 2023-11-03T07:45:41Z
dc.date.available 2023-11-03T07:45:41Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4621106015
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9028
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) penerapan strategi K-W-L (Know-Want-Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi, (2) peningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi melalui penerapan strategi KWL (Know-Want-Learn), (3) penerapan strategi K-W-L (Know-Want-Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi, yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu menganalisis hasil observasi dan analisis hasil tes kemampuan membaca pemahaman.Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh hasil tes keterampilan membaca pemahaman siklus I dengan nilai rata-rata 57,02 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 55%, begitu pula dengan tes hasil belajar dengan nilai rata-rata 52,33 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 33%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yakni nilai rata-rata setiap individu 86,27 dengan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 89% untuk kemampuan membaca pemahaman dan unutk hasil belajar mengalami peningkatan nilai ratar-ata yakni 89,41 dengan kriteria ketuntasan sebesar 94%. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject strategi Know-Want-Learn(K-W-L) en_US
dc.subject kemampuan membaca pemahaman en_US
dc.subject hasil belajar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI KNOW, WANT, LEARNING (K-W-L) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 5 LAWAWOI KABUPATEN SIDRAP en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account