Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Extraversion,
Agreeablenes, Conscietiousness, Neuroticism dan Openness terhadap pengguna
media sosial dewasa awal di Kota Makassar dengan menggunakan metode
penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap 410 responden
yang menggunakan media sosial dengan rentang usia 18 sampai 25 tahun.
Instrumen pengambilan data yang digunakan yakni skala Big Five Inventory:
IPIP-BFM-50 yang dirancang oleh Golberg (1992) lalu dimodifikasi oleh
Greynecha (2021). Alat ukur yang dimodifikasi dan kemudian di uji coba
memperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,812 yang berarti alat ukur dinyatakan
reliabel. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat Extraversion,
Agreeablenes, Conscietiousness, Neuroticism terhadap pengguna media sosial
dewasa awal berada pada kategori sedang, sementara tingkat Openness terhadap
pengguna media sosial dewasa awal berada pada kategori rendah.