Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk
mengetahui kemampuan literasi membaca siswa kelas IV UPTD SD Negeri 73
Parepare dengan menerapkan strategi PORPE. Jenis pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu 1 orang guru kelas dan 25
orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Hasil penelitian ini adalah
penerapan strategi PORPE dapat meningkatkan proses dan literasi membaca siswa
kelas IV UPT SDN 73 Parepare. Hal tersebut diperoleh dari hasil observasi guru
yang meningkat dari kategori cukup (C) dengan presentase 66% menjadi kategori
baik (B) dengan presentase 94%, sedangkan dari aktivitas siswa meningkat dari
kategori cukup (C) dengan presentase 69% meningkat menjadi kategori baik (B)
dengan presentase 82%. Selanjutnya dari rerata hasil literasi siswa meningkat dari
72,5 kategori cukup (C) dengan presentase 45% menjadi 83,5 dengan kategori baik
(B) dengan presentase 90%.