Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis: (1) hasil belajar matematika
siswa sebelum dan sesudah diterapkan pembelajaran berbasis pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan animasi, (2) pengaruh pada
pembelajaran berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME)
berbantuan animasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V UPTD SD di
Gugus III Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design.
Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 71
Parepare yang berjumlah 39 orang sebagai kelas eksperimen dan UPTD SD
Negeri 63 Parepare yang berjumlah 43 orang sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes tertulis, sedangkan
teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan
analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, (1) Hasil belajar
matematika siswa sebelum diterapkan pembelajaran berbasis pendekatan Realistic
Mathematic Education (RME) berbantuan animasi terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas V di Gugus III Kota masih sangat rendah, (2) Hasil
belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis pendekatan
Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan animasi terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas V di Gugus III Kota Parepare mengalami peningkatan, (3)
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran
Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media animasi terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas V Gugus III Kota Parepare.