Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh efikasi diri terhadap
kemandirian belajar pada mahasiswa di kota Makassar. Partisipan pada penelitian
ini merupakan mahasiswa aktif yang berkuliah di kota Makassar berjumlah 412
responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan The Self-Rating
Scale of Self-Directed Learning yang diadaptasi oleh Marsaoly (2021)
berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Williamson (2007) dan Skala Efikasi
Diri yang dikonstruk oleh Sejati (2013) berdasarkan teori efikasi diri oleh Bandura
(1997). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana
menggunakan bantuan SPSS versi 24.0.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
efikasi diri secara signifikan berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar
pada mahasiswa di kota Makassar. Nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 <
0,05. Koefisien determinasi menunjukkan kontribusi efikasi diri terhadap
kemandirian belajar sebesar 14,3%. Semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki oleh
mahasiswa maka akan meningkatkan kemandirian belajarnya.