DSpace Repository

PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author RUPA, NOPRIANTI
dc.date.accessioned 2023-11-06T00:54:28Z
dc.date.available 2023-11-06T00:54:28Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4519091066
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/9064
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa di kota Makassar. Partisipan pada penelitian ini merupakan mahasiswa aktif yang berkuliah di kota Makassar berjumlah 412 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan The Self-Rating Scale of Self-Directed Learning yang diadaptasi oleh Marsaoly (2021) berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Williamson (2007) dan Skala Efikasi Diri yang dikonstruk oleh Sejati (2013) berdasarkan teori efikasi diri oleh Bandura (1997). Analisis data dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederhana menggunakan bantuan SPSS versi 24.0.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri secara signifikan berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa di kota Makassar. Nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi menunjukkan kontribusi efikasi diri terhadap kemandirian belajar sebesar 14,3%. Semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa maka akan meningkatkan kemandirian belajarnya. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Kemandirian Belajar en_US
dc.subject Efikasi Diri en_US
dc.subject Mahasiswa en_US
dc.title PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account