Abstract:
Sulaiha Lapi. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated
Reading and Compotion (CIRC) dalam Peningkatan Keterampilan Membaca
Pemahaman Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 73 Pareapare. Dibimbing oleh Dr.
Andi Hamsiah, M.Pd, dan Dr. Hj. Rahmaniah, S.Pd.,M.Pd
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan
model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V
UPTD SD Negeri 73 Parepare, (2) Bagaiamana pengaruh model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73
Parepare. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindkan Kelas (PTK). Jumlah
sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73
Parepare sebanyak 25 orang peserta didik,. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi. tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data
yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis,
maka dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran model CIRC dapat
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V UPTD SD
Negeri 73 Parepare. (2) Penerapan model pembebelajaran CIRC pada
pembelajaran membaca siswa di kelas V UPTD SDN 73 Parepare memberikan
pengaruh baik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.