DSpace Repository

PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author Ramli, Nurhikmah Amalia
dc.contributor.author Remmang, Hasanuddin
dc.contributor.author Ruslan, Muhlis
dc.date.accessioned 2022-08-24T04:02:39Z
dc.date.available 2022-08-24T04:02:39Z
dc.date.issued 2020-06
dc.identifier.issn 2460-3767
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/916
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati) terhadap loyalitas pelanggan yang dimana dalam hal ini adalah pendengar Radio Republik Indonesia Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik non random sampling dengan menggunakan klaster sampling acak sebanyak 100 orang pendengar radio RRI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keandalan memiliki pengaruh yang signifikan yang artinya siaran RRI Makassar konsisten dalam ketepatan siaran, keakuratan infomasi dan tepat waktu. Ketika menyiarkan program siaran, variabel daya tanggap memilik pengaruh yang signifikan kepada pendengar dalam bentuk layanan seperti menanggapi dan memberikan solusi kepada pendengar saat penyiaran maupun masalah-masalah yang disampaikan oleh pendengar ke penyiaran atau ke RRI Makassar. Variabel jaminan berpengaruh signifikan yang artinya jaminan yang telah diberikan oleh RRI Makassar telah memberikan kenyaman dalam mendengar dan melayani para pendengar radio RRI Makassar. Variabel empati berpengaruh signifikan artinya empati penyiar dan RRI makassar sudah peka terhadap keinginan dan kebutuhan pendengar. Begitupula dengan variabel bukti fisik memiliki pengaruh yang signifikan yang berarti menunjang siaran RRI Makassar sudah baik seperti alat pendukung siaran yang membuat frekuenzi dan suara penyiar jelas Ketika didengar. en_US
dc.publisher Postgraduate Bosowa University Publishing (PBUP) en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Empati, Daya Tanggap, Kehandalan, Jaminan, Loyalitas Pelanggan en_US
dc.title PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK RADIO REPUBLIK INDONESIA MAKASSAR en_US
dc.title.alternative The Influence of Service Quality on Customer Loyalty in the Public Broadcasting Institution Radio of the Republic of Indonesia, Makassar en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account