Abstract:
Kristina Ina Tuto Tukan, 2019. Analisis kesiapan guru sekolah
dasar dalam mendukung implementasi kurikulum 2013 di Kabupaten Flores
Timur. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar. (Dibimbing oleh Dr. Mas’ud
Muhammadiah, M.Si. dan Dr. Asdar, M.Pd)
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diterapkan di Indonesia
sehingga menuntut guru untuk siap dalam pelaksanaannya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru sekolah dasar di Kabupaten Flores
Timur dalam mendukung implementasi kurikulum 2013.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru
sekolah dasar di Kabupaten Flores Timur yang berjumlah 39 orang guru dari 4
sekolah dasar. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dalam
bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru sekolah dasar di
Kabupaten Flores Timur dalam mengimplementasikankurikulum 2013 berada
pada kategori “sangat tidak siap” sebesar 0% (0 guru), kategori “tidak siap”
sebesar 33,33% (13 guru), kategori “siap” sebesar 58,97% (23 guru), dan kategori
“sangat siap” sebesar 7,69% (3 guru), sehingga dapat disimpulkan bahwa
kesiapan guru sekolah dasar di Kabupaten Flores Timur dalam
mengimplementasikan kurikulum 2013 masuk dalam kategori “siap” sebesar
66,66%”(26 guru) dan kategori “tidak siap” 33,33% (13 guru).