Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keefektifan Penggunaan Model
Example Non-Example Pada Keterampilan Menulis Puisi Bebas Siswa kelas IV
SD Negeri Batulaccu Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian
yang digunakan adalah Kuantitatif Eksperimen design bentuk One Group
Pretest-Posttest. Sample terdiri 2 kelas yang berjumlah 36 siswa. Jenis
penelitian ini penelitian Eksperimen siswa yang dipilih adalah siswa kelas IV
dengan jumlah sample 36 siswa. Teknik pengambilan sample yaitu dibagi 2
kelas, yang di pilih berupa observasi, tes (pretest-posttest), dan dokumentasi
dan teknik analisis data peneliti menggunakan uji-t. Dari Hasil penelitian
menunjukan nilai pretest dan posttest memiliki selisih yang signifikan yaitu nilai
signifikan (2 tailed) yaitu 0,000 >0,05 maka H1 diterima H0 ditolak. Dengan
demikian dapat dismpulkan bahwa model example non-example terhadap
hasil belajar menulis puisi bebas siswa