Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan
bukti fisik terhadap peningkatan penjualan tenaga listrik pada PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang, serta
untuk mengetahui dan menganalisis variabel bauran pemasaran yang paling dominan berpengaruh terhadap peningkatan
penjualan tenaga listrik pada perusahaan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang. Teknik pengumpulan data
melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji instrument
penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil analisis menemukan bahwa
produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan
penjualan tenaga listrik pada PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang. Dari hasil pengujian regresi maka dapat
disimpulkan bahwa variabel yang dominan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan tenaga listrik pada PT. PLN
(Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pinrang adalah harga.