Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan penguasaan
kosakata siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare dan hubungan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan
penguasaan kosakata siswa kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare,
sebanyak 25 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan angket, sedangkan teknik analisis data
yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data, (1)
Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang linear antara variable penguasaan kosakata dengan variable
keterampilan menulis karangan deskriptif siswa, (2) Minat menulis berkorelasi positif degan keterampilan menulis karangan
deskriptif siswa, (3) Pengasaan kosakata dan minat menulis secara bersama- sama mempengaruhi keterampilan menulis
karangan deskriptif siswa