Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan strategi K-W-L (Know-Want-Learn) dalam meningkatkan
hasil belajar membaca pemahaman siswa, peningkatkan hasil belajar membaca pemahaman, dan penerapan strategi K-W-L
(Know-Want-Learn) dalam meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas V UPT SD Negeri 5 Lawawoi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sampel berjumlah 18 siswa, terdiri atas 8
siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi, sedangkan teknik
analisis data yang digunakan yaitu menganalisis hasil observasi dan analisis hasil tes kemampuan membaca
pemahaman.Berdasarkan hasil analisis, maka diperoleh hasil tes keterampilan membaca pemahaman siklus I dengan nilai
rata-rata 57,02 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 55%, begitu pula dengan tes hasil belajar dengan nilai rata-rata
52,33 dan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 33%, selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus II yakni nilai ratarata setiap individu 86,27 dengan kriteria ketuntasan belajarnya mencapai 89% untuk kemampuan membaca pemahaman dan
untuk hasil belajar mengalami peningkatan nilai ratar-ata yakni 89,41 dengan kriteria ketuntasan sebesar 94%..