Abstract:
Pembelajaran yang baik apabila guru mampu mengelola kelas dengan pembelajaran yang inovatif dengan
menggunkan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa berusaha sendiri seperti pada pembelajaran IPA dengan
menggunakan metode Problem Based Learning dan metode pembelajaran saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis
efektivitas metode Based Learning dengan Pembelajaran saitifik terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian
eksperimen semu, dengan menggunakan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 419
sampel 52 orang siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu SPSS versi 26 dengan Teknik analisis data Independent Sampel T-test ,analisis data terdiri dari uji
normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menemukan nilai signifikansi sebesar 0,034 dengan kata lain yakni
0,034 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yakni ada perbedaan peningkatan hasil belajar IPA tentang organ
pernapasan manusia antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Problem Based Learning dengan yang diajarkan
pembelajaran saintifik sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas antara kelas yang menerapkan
metode pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran saintifik terhadap hasil
belajar kelas V di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang