Efektivitas Metode Problem Based Learning Dengan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang

Show simple item record

dc.contributor.author Hakiki
dc.contributor.author Muhammadiah, Mas’ud
dc.contributor.author Asdar
dc.date.accessioned 2024-11-01T03:52:28Z
dc.date.available 2024-11-01T03:52:28Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.issn 2808-5515
dc.identifier.issn 2808-4861
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/11209
dc.description.abstract Pembelajaran yang baik apabila guru mampu mengelola kelas dengan pembelajaran yang inovatif dengan menggunkan metode pembelajaran yang dapat membuat siswa berusaha sendiri seperti pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Problem Based Learning dan metode pembelajaran saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis efektivitas metode Based Learning dengan Pembelajaran saitifik terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, dengan menggunakan non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 419 sampel 52 orang siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu SPSS versi 26 dengan Teknik analisis data Independent Sampel T-test ,analisis data terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menemukan nilai signifikansi sebesar 0,034 dengan kata lain yakni 0,034 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yakni ada perbedaan peningkatan hasil belajar IPA tentang organ pernapasan manusia antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Problem Based Learning dengan yang diajarkan pembelajaran saintifik sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas antara kelas yang menerapkan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan kelas yang menerapkan metode pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar kelas V di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang en_US
dc.publisher Postgraduate Bosawa University Publishing en_US
dc.subject Metode Problem Based Learning en_US
dc.subject Pembelajaran Saintifik en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Efektivitas Metode Problem Based Learning Dengan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account