DSpace Repository

Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV UPTD SDN 137 Inpres Kaemba Kecamatan Marusu Kabupaten Maros

Show simple item record

dc.contributor.author Hasniawaty
dc.contributor.author Muhammadiah, Mas’ud
dc.contributor.author Hamsiah, Andi
dc.date.accessioned 2025-01-08T10:37:29Z
dc.date.available 2025-01-08T10:37:29Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.issn 2808-5515
dc.identifier.issn 2808-4861
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/11269
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap motivasi dan hasil belajar pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV UPTD SDN 137 Inpres Kaemba Kecamatan Marusu Kabupaten Maros antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis positivisme dengan desain eksperimen Matching Pre-Test-Post-Test Comparison Group untuk menguji hubungan sebab-akibat melalui metode demonstrasi dan ceramah, serta menilai kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial untuk mengevaluasi keterlaksanaan metode demonstrasi, motivasi, dan hasil belajar dari pre-test dan post-test, dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas sebelum menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode demonstrasi secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 137 Inpres Kaemba, dengan kelas eksperimen menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan kelas kontrol. Uji Mann-Whitney U Test menunjukkan metode demonstrasi meningkatkan motivasi pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV secara signifikan (p-value 0.000), dengan rata-rata peringkat motivasi 41.88 untuk kelas eksperimen dan 15.13 untuk kelas kontrol, sedangkan uji Kruskal-Wallis Test menunjukkan metode demonstrasi meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV secara signifikan (p-value 0.000), dengan rata-rata peringkat hasil post-test 42.50 untuk kelas eksperimen dan 14.50 untuk kelas kontrol. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode demonstrasi memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV UPTD SDN 137 Inpres Kaemba, serta merekomendasikan penggunaan metode ini secara lebih sering, pelatihan bagi guru, penyediaan fasilitas yang memadai, dan evaluasi berkelanjutan. en_US
dc.publisher PBUP en_US
dc.subject Penggunaan Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPAS pada Siswa Kelas IV UPTD SDN 137 Inpres Kaemba Kecamatan Marusu Kabupaten Maros en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account