Abstract:
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran antara kelas kontrol yang menggunakan media
pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media
audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas IV dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran
SAVI berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita fiksi pada siswa kelas IV. Jenis penelitian
ini adalah jenis penelitian posttest control group design atau disebut dengan true experimental design (eksperimen murni).
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 374 orang, yang terdiri dari 12 rombel, yang menjadi sampel adalah kelas IVa
dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen, dan Kelas IVb jumlah siswa 29 orang sebagai kelas kontrol. Metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengukur keterampilan menulis, dan dokumentasi. Tehnik
analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis inferensial, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji
Paired sampel test menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen
setelah diberikan perlakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI efektif dalam
pembelajaran keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV.