DSpace Repository

Keefektifan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas IV SDN Pagandongan

Show simple item record

dc.contributor.author Evya
dc.contributor.author Asdar
dc.contributor.author Bakri, Muhammad
dc.date.accessioned 2025-01-22T03:22:51Z
dc.date.available 2025-01-22T03:22:51Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.issn 2808-5515
dc.identifier.issn 2808-4861
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/11286
dc.description.abstract Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan hasil pembelajaran antara kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional dengan kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menulis siswa kelas IV dan mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran SAVI berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita fiksi pada siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian posttest control group design atau disebut dengan true experimental design (eksperimen murni). Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 374 orang, yang terdiri dari 12 rombel, yang menjadi sampel adalah kelas IVa dengan jumlah siswa 32 orang sebagai kelas eksperimen, dan Kelas IVb jumlah siswa 29 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar untuk mengukur keterampilan menulis, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan statistik deskriptif dan analisis inferensial, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji Paired sampel test menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran SAVI efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV. en_US
dc.publisher Postgraduate Bosawa University Publishing en_US
dc.subject Model Pembelajaran SAVI en_US
dc.subject Media Audiovisual en_US
dc.subject Keterampilan Menulis en_US
dc.title Keefektifan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas IV SDN Pagandongan en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account