DSpace Repository

ANALISIS STRATEGI DISTRIBUSI PEMASARAN ALAT MESIN PERTANIAN “QUICK” GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA CV KARYA HIDUP SENTOSA

Show simple item record

dc.contributor.author SANJAYA, LAURENT
dc.date.accessioned 2022-10-20T05:45:15Z
dc.date.available 2022-10-20T05:45:15Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4618104003
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1330
dc.description.abstract CV Karya Hidup Sentosa merupakan industri manufaktur alat mesin pertanian di Indonesia. CV KHS memiliki beberapa kantor pemasaran yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya di Palu. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan usulan calon lokasi saluran distribusi yang tepat bagi perusahaan apakah tetap berada di Palu atau pindah di lokasi lainnya yaitu Donggala, Poso, atau Mamuju dengan mengidentifikasi dan evaluasi terhadap berbagai strategi pemasaran dalam kriteria pemilihannya. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dimana mendeskripsikan suatu gejala atau fenomena yang terjadi di perusahaan berkaitan dengan lokasi kantor showroom dan pendekatan kuantitatif untuk mengukur variabel-variabel penelitian yang terbentuk berdasarkan strategi pemasaran yang digunakan. Pada penelitian ini digunakan metode Analytical Hierarchy Process guna membandingkan secara numerik sekaligus sebagai penilaian untuk mendapatkan solusi permasalahan. Hasil dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang sesuai digunakan sebagai kriteria dalam pemilihan saluran distribusi pemasaran di CV Karya Hidup Sentosa adalah kriteria penjualan pada berbagai alternatif lokasi, luas area pasar, biaya sewa, biaya kirim barang dari pabrik, dan ketersediaan jasa angkutan. Kelima kriteria ini dilakukan analisis terhadap berbagai alternatif lokasi yang diusulkan oleh perusahaan yaitu di Palu, Donggala, Poso, dan Mamuju. Hasil perhitungan dengan metode AHP adalah alternatif lokasi Donggala memiliki nilai R atau rasio terbesar yaitu 0,3105, selanjutnya Palu dengan nilai 0,3071, Poso 0,2430, dan Mamuju dengan nilai 0,1394. Pengujian konsistensi juga menunjukkan hasil 0,06 (< 0,1) yang artinya hasil penenelitian konsisten. Hal ini berarti lokasi Donggala merupakan solusi terbaik dari aternatif saluran distribusi sebagai hasil dari penelitian. Berdasarkan hasil tersebut peneliti merekomendasi untuk kantor pemasaran di Palu pindah ke Donggala. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Strategi Pemasaran en_US
dc.subject Saluran Distribusi en_US
dc.subject Analytical Hierarchy Process. en_US
dc.title ANALISIS STRATEGI DISTRIBUSI PEMASARAN ALAT MESIN PERTANIAN “QUICK” GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA CV KARYA HIDUP SENTOSA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account