Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
motivasi pelayanan publik, profesionalisme terhadap kinerja pegawai melalui
kepuasan kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang bekerja pada
Kantor Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian yang
dikemukakan adalah jenis penelitian kuantitatif, karena penelitian ini disajikan
dengan angka-angka, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
kuesioner terhadap 30 orang, dengan teknik analisis data menggunakan analisis
jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pelayanan publik cukup baik
oleh karena setiap pegawai yang berkerja di kantor Kecamatan selalu dilibatkan
dalam pembuatan kebijakan publik khususnya berkaitan dengan prosedur
pelayanan publik. Selanjutnya profesionalisme setiap pegawai sudah memiliki
pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman yang cukup tinggi dalam bekerja, selain
itu setiap pegawai sudah dapat menyelesaikan pekerjaanya dengan baik dan benar,
pencapaian efektifitas kerja pegawai sudah dilaksanakan sesuai standar yang telah
ditetapkan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa motivasi pelayanan
publik dan profesionalisme berpengaruh secara nyata terhadap kepuasan kerja, dan
kinerja pegawai, kepuasan kerja berpengaruh secara nyata dalam meningkatkan
kinerja pegawai. Kepuasan kerja dapat memediasi secara parsial pengaruh motivasi
pelayanan publik terhadap kinerja pegawai, Kepuasan kerja tidak dapat memediasi
pengaruh antara profesionalisme terhadap kinerja pegawai, sedangkan
profesionalisme hanya bepengaruh langsung terhadap kinerja pegawai.