Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
pelayanan dan sistem pemasaran secara langsung terhadap kinerja pemasaran dan
tidak langsung melalui persaingan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif yang dilaksanakan pada PT Griya Kenari Makassar. Populasi adalah
seluruh pegawai PT Griya Kenari Makassar sebanyak 75 orang dengan
menggunakan tehnik non-probability sampling (sampling jenuh). Tehnik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi
sedangkan analisis data menggunakan SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada PT Griya Kenari Makassar,
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap persaingan usaha dan
kinerja pemasaran, empati yang dimiliki karyawan mampu mendorong
kemampuan persaing dan mengembangkan pelanggan, sementara sistem
pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap persaingan usaha namun
tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran, segmentasi yang diterapkan oleh
perusahaan telah mendorong kemampuan bersaing dengan memahami
kemampuan pesaing, meskipun dalam kinerja pemasaran belum signifikan sebab
pelanggan yang berbeda karakteristik membutuhkan pendekatan yang berbeda.
Persaingan usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran,
dengan lingkup bersaing telah mampu meraih banyak pelanggan, dan pada
pengaruh tidak langsung, pelayanan dan sistem pemasaran berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui persaingan usaha.