Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan manajemen
mutu pendidik pada SD Negeri 228 Lagaroang Kab. Luwu Timur ? dan adakah
hubungan penerapan mutu pendidik terhadap minat belajar siswa pada SD Negeri 228
Lagaroang Kab. Luwu Timur ? Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui
penerapan manajemen mutu pendidik pada SD Negeri 228 Lagaroang Kab. Luwu
Timur dalam mengoptimalkan minat belajar siswa. Dan untuk mengetahui hubungan
penerapan manejemen mutu pendidik terhadap minat belajar siswa pada SD Negeri
228 Lagaroang Kab. Luwu Timur.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SD
Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Subjek penelitian
adalah Kepala sekolah dan Guru dan Komite di SD Negeri 228 Lagaroang. sumber
data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen mutu tenaga pendidik yang
diprogramkan secara teroganisir merupakan sebagai wujud dalam meningkatkan
mutu pendidik. Manajemen mutu pendidikan yang dilaksanakan di SD Negeri 228
Lagaroang Kabupaten Luwu Timur terkait dengan manajemen mutu dalam bidang
kualifikasi pendidikan dan kapasitas pendidikan. Kedua aspek tersebut dinilai sangat
penting untuk mewujudkan tenaga pendidik yang profesional, hal ini karena pendidik
merupakan salah satu faktor yang paling menentukan dalam keberhasilan proses
belajar dalam kelas. Selain itu, manajemen mutu yang diimplementasikan di SD
Negeri 228 Lagaroang Kabupaten Luwu Timur memberikan kesempatan yang seluasluasnya bagi tenaga pendidik untuk melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi
(kualifikasi pendidikan), agar tenaga pendidik memiliki teknik pembelajaran yang
lebih inovatif kepada siswa, sehingga minat siswa dalam belajar lebih meningkat lagi.