Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis optimalisasi
peran sumber daya tenaga pendidik masa pandemi covid 19 pada Pendidikan
Anak Usia Dini di Kecamatan Malili dan Untuk mengetahui dampak pandemi
covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Malili. Penelitian
dilaksanakan selama 2 bulan pada PAUD Bina Mandiri dan PAUD Buah Hati di
Kecamatan Malili dengan pendekatan metode Kualitatif Deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan upaya mengoptimalkan peran pendidik pada
Pendidikan Anak Usia di masa pandemic terlaksana dengan baik mulai dari
tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Peran
pendidik sangat penting, di tuntut untuk kreatif dan inovatif dalam merancang
pembelajaran di masa pandemi. Dalam hal ini pendidik diharapkan
mengoptimalkan kemampuan yang mereka miliki .Mulai dari perencanaan sampai
evaluasi setiap tahapan memiliki masalah dan hambatan namun semua bisa
teratasi dan ada solusi di setiap tahapan. Dalam pelaksanaan juga didukung oleh
komite sekolah yang menjadi wadah orang tua untuk menjalin sinergitas dalam
pelaksanaan pembelajaran di masa pandemic secara daring dan luring.Dampak
Pandemi bagi Lembaga PAUD juga sangat besar, mulai dari turunnya pendaftaran
murid dan sumber pendapatan sekolah juga menurun, pendidik bekerja ekstra
bukan hanya membimbing anak didik namun dituntut juga membimbing orang tua
dalam berbagi peran dalam membimbing anak belajar di rumah. Dampak bagi
anak dan orang tua hubungan jadi renggang karena anak mengalami kekerasan
verbal saat dibimbing belajar karena ketidaktahuan orang tua terhadap gaya
belajar anak dan minat anak.