Abstract:
Guna mencapai tujuan yang menjadi target dalam meningkatkan mutu
pendidikan, di sinilah pentingnya strategi kepemimpinan kepala Sekolah untuk
terus mengupayakan perbaikan, pengembangan, dan meningkatkan kualitas
kinerja pendidik dalam pembelajaran.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran dan strategi kepala sekolah
dalam meningkatkan kinerja pendidik. Lokasi penelitian pada SDN 238
MALLAULU Desa Puncak Indah, Kec. Malili, Kab. Luwu Timur, yang
dilaksanakan selama 2 bulan dengan menggunakan pendekatan Kualitatif
Deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan Peran dan strategi kepemimpinan kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru (pendidik) di SDN 238 Mallaulu
memiliki peran yang sangat penting. Karena peran kepala sekolah sangat
menentukan dalam meningkatkan kinerja pendidik dalam pembelajaran.
Pentingnya peran tersebut terlihat pada fungsi dan tugasnya sebagai pemimpin,
sebagai administrator dan supervisor.