Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui strategi pemasaran
produk beras PT. Pertani (Persero) Cabang Makassar Wilayah Sulawesi dan
mengetahui alternatif strategi pemasaran produk beras pada PT. Pertani (Persero)
Cabang Makassar Wilayah Sulawesi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus
sampai bulan sepember 2021. Informan sebanyak 4 orang data penelitian terdiri dari
data primer dan data sekunder. Strategi pemasaran produk beras dirumuskan
menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada PT. Pertani (Persero) strategi
pemasaran yang memiliki posisi paling menguntungkan yaitu strategi S-O.
Diantaranya yaitu, Mempertahankan kualitas produk, Memanfaatkan jenis kemasan
yang berfariasi dan Memproduksi produk beras lebih banyak menggunakan UPP yang
ada di setiap daerah yang mempunyai jumlah penduduk yang besar