Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi
mengajar guru. Metode yang digunakan penulis adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepala SD Negeri 228 Lagaroang telah menjalankan peran kepala sekolah secara maksimal. Hal ini dapat diketahui dari
motivasi mengajar guru di SD Negeri 228 Lagaroang sudah menunjukkan hasil yang baik. Peran kepala sekolah pun sudah
terlaksana dengan baik pula meskipun masih ada sebagian kecil guru yang masih kurang dalam hal peningkatan kinerja.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru pada
SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur adalah baik. Hal ini terlihat dari meningkatnya kinerja
guru karena adanya motivasi kerja yang diberikan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan perannya secara optimal.