Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
profesionalisme terhadap kinerja guru perempuan tingkat sekolah dasar di
kabupaten gowa, menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional
kepala sekolah terhadap kinerja guru perempuan tingkat sekolah dasar di
kabupaten gowa serta menganalisis pengaruh profesionalisme dan gaya
kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru perempuan
tingkat sekolah dasar di kabupaten gowa. Penelitian ini bersifat deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian
ini berjumlah 196 responden. Untuk mengimplementasikan tujuan tersebut maka
digunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner, dengan
teknik analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi penelitian,
analisis regresi berganda serta pengujian hipotesis. Hasil penelitian menemukan
bahwa profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap
kinerja guru, kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif
dan signifikan secara parsial terhadap kinerja guru, serta profesionalisme dan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara serempak atau bersamasama berpengaruh positif dan signifikan yakni sebesar 40,3% terhadap kinerja
guru perempuan tingkat sekolah dasar di kabupaten gowa