Abstract:
Skripsi ini dilatar belakangi oleh besarnya potensi dan peluang bisnis tanaman
hias di Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa akan tetapi belum mampu
menjamin kesejahteraan para pelaku bisnisnya, maka tujuan dari penelitian ini
adalah untuk merumuskan strategi pengembangan bisnis tanaman hias di
Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa dengan menggunakan alat analisis
SWOT.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang
dilakukan dengan mengumpulkan data yang diterima dari Pelaku Bisnis di
Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa berupa kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman yang dimiliki yang kemudian digunakan untuk
mengidentifikasi empat faktor analisis SWOT yaitu S (Strengths), W (Weakness),
O (Opportunities) dan T (Threats) yang digunakan sebagai acuan dalam
merumuskan strategi pengembangan bisnis yang tepat.
Berdasarkan Matriks Analisis SWOT, IFAS, EFAS dan perhitungan alternatif
strategi maka hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk
diterapkan adalah strategi SO (Strengths-Opportunities) yaitu strategi yang
dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan internal yang dimiliki untuk
menemukan peluang eksternal yang ada. Hasil dari Matriks Internal-Eksternal (IE
Matriks) menunjukkan bahwa bisnis berada pada posisi sel nomor IV
Pertumbuhan. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah jika strategi SO
(Strengths-Opportunities) diterapkan, maka bisnis diharapkan dapat mengalami
peningkatan keuntungan.