Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur pasar, perilaku pasar,
saluran pemasaran dan menganalisis margin pemasarn komoditi kentang di
Kelurahan Pattapang Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Dilaksanakan
pada bulan Maret hingga April 2022, dengan metode penelitian kualitatif dan
kuantatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Struktur pasar kentang yang terbentuk
pada Kelurahan Pattapang yaitu bersifat oligopsoni hal tersebut terjadi akibat
kurangnya kompetisi di antara pedagang sebagai akibat dari jumlah pedagang yang
terbatas Sedangkan struktur pasar di tingkat Kabupaten /Kota, lebih mengarah pada
pasar persaingan diferensiasi. Perilaku pasar di Kelurahan Pattapang yaitu praktik
penentuan harga dimana kendali keputusan diambil oleh pedagang perantara dan
petani tidak memiliki posisi tawar menawar yang kuat. Saluran pemasaran di
keluran Pattapang ada 2 saluran pemasaran. Nilai margin pemasaran saluran I
adalah Rp 3000 dan saluran II Rp 6000. Margin pemasaran antara bentuk saluran I
dan II disebabkan karena adanya perbedaan biaya pemasaran yang dikeluarkan
khususnya pada tingkat pedagang pengecer.