Abstract:
Metode analisis adalah analisis deskriptif dan kualitatif meliputi untuk
memaparkan fungsi-fungsi pemasaran kakao dan melalui margin pemasaran
untuk menghitung besarnya margin pemasaran yang diterima oleh setiap
lembaga pemasaran yang tersebut.
Metode Penelitian dilakasanakan dari bulan november sampai dengan
bulan desember 2016 bertujuan untuk mengatahui fungsi-fungsi pemasaran
kakao dan margin pemasaran yang di terimah oleh setiap lembaga tersebut
berlaku di Desa Laompo Kec.Batauga Kab.Busel.
Hasilpenelitian menunjukan bahwa fungsi lembaga pemasaran pada
masing-masing lembaga sebagai berikut : Fungsi pemasaran produksi
meliputi kegiatan penjualan, dan grading. Fungsi lembaga pengumpul
meliputi kegiatan pembelian, penjualan, penggulangan resiko, pengangkutan
dan informasi pasar. Fungsi lembaga pedagang besar meliputi kegiatan
pembelian, penjualan, penyimpanan, pembiayaan, penanggulangan resiko,
Informasi pasar, pengangkutan standerlisasi dan grading. Fungsi lembaga
pabrik meliputi kegiatan pembelian, penjualan, pengolahan, penggulangan
5
resiko, pengangkutan dan informasi pasar, fungsi lembaga konsumen
meliputi kegiatan pembelian. Tingkat margin yang dihasilkan oleh pedagang
pengumpul Rp 3.000/ Kg, pedagang besar Rp 4.000.