Abstract:
Penelitan bertujuan untuk mengetahui Analisis Pemasaran Kentang di Desa
Bontolojong Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng.
Metode dasar penelitian ini adalah metode deskriptif dan pelaksanaannya dengan
teknik survei. Metode penelitian daerah di lakukan dengan metode purposive.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa Analisis Pemasaran Kentang di Desa
Bontolojong Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng secara keseluruhan dapat di
katakan memiliki potensi dalam pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat tiga pola saluran pemasaran kentang yaitu ;
Saluran pemasaran I : petani → pedagang pengumpul → Pedagang Besar →
Pedagang Pengecer → Konsumen
Saluran pemasaran II : petani → pedagang Besar → Pedagang Pengecer →
Konsumen
Saluran pemasaran III : petani → pedagang pengecer → konsumen
Adapun keuntungan margin tataniaga pada saluran tataniaga saluran satu
pedagang pengumpul 2.000, pedagang besar 3.000, pedagang pengecer 1.000.
adapun untuk saluran dua pedagang besar 2.000 dan pedagang pengecer 3500.
Dan untuk saluran tiga pedagang pengecer saluran 5.000.