Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas
tataniaga beras curah tahap penyaluran barang yang dilakukan pada pedagang
besar dan pedagang pengecer beras di pasar Tradisional Terong Makassar.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.
Responden terdiri atas 6 pedagang besar dan 8 pedagang pengecer. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengidentifikasi kegiatan
tataniaga beras di Kota Makassar Pasar Tradisional Terong dan analisis
kuantitatif, yaitu menganalisis margin pemasaran beras di Kota Makassar Pasar
Tradisional Terong dengan rumus margin pemasaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh
pedagang besar sebelum menjual adalah memastikan jumlah stok beras,
menghubungi pemasok beras dan melakukan penjualan langsung dan tidak
langsung sementara pengecer tidak melakukan serangkaian kegiatan sebelum
memasarkan beras, pada tingkat pedagang beras hanya melakukan kagiatan
penjualan. Margin pemasaran dari tingkat pedagang besar yaitu Rp. 581,311/kg
sedangkan margin pemasaran dari tingkat pedagang pengecer yaitu sebesar Rp.
566,667/kg