DSpace Repository

RANTAI PEMASARAN BERAS PADA PASAR TRADISIONAL MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author NOVITA, SRI
dc.date.accessioned 2022-12-29T06:08:31Z
dc.date.available 2022-12-29T06:08:31Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4516033015
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/3490
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan aktivitas tataniaga beras curah tahap penyaluran barang yang dilakukan pada pedagang besar dan pedagang pengecer beras di pasar Tradisional Terong Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2020. Responden terdiri atas 6 pedagang besar dan 8 pedagang pengecer. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mengidentifikasi kegiatan tataniaga beras di Kota Makassar Pasar Tradisional Terong dan analisis kuantitatif, yaitu menganalisis margin pemasaran beras di Kota Makassar Pasar Tradisional Terong dengan rumus margin pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh pedagang besar sebelum menjual adalah memastikan jumlah stok beras, menghubungi pemasok beras dan melakukan penjualan langsung dan tidak langsung sementara pengecer tidak melakukan serangkaian kegiatan sebelum memasarkan beras, pada tingkat pedagang beras hanya melakukan kagiatan penjualan. Margin pemasaran dari tingkat pedagang besar yaitu Rp. 581,311/kg sedangkan margin pemasaran dari tingkat pedagang pengecer yaitu sebesar Rp. 566,667/kg en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Rantai nilai en_US
dc.subject Pasar Terong en_US
dc.subject Pemasaran en_US
dc.title RANTAI PEMASARAN BERAS PADA PASAR TRADISIONAL MAKASSAR en_US
dc.title.alternative (Studi Kasus Pedagang Beras Pasar Tradisional Terong Makassar) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account