Abstract:
Persaingan bisnis global yang semakin ketat telah menyebabkan terjadinya
pergeseran paradigma bisnis dari product-oriented menjadi penyediaan solusi
yang memuaskan kebutuhan konsumen. Hal ini telah mendorong kemunculan
Strategi Pemasaran melalui kepuasan pelanggan. Tulisan ini bertujuan untuk
membahas hubungan antara strategi pemasaran melalui kepuasan pelanggan
berdasarkan literatur yang tersedia. Berdasarkan kajian yang dilakukan terhadap
berbagai literatur tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pemasaran
melalui kepuasan pelanggan merupakan konsep yang diyakini sebagai jalan
menuju sustainability melalui integrasi antara produk dan jasa dalam penyediaan
solusi yang memenuhi kebutuhan spesifik konsumen.
Meningkatnya kebutuhan kendaraan bagi kosumen Makassar mendorong
para pengembang kendaraan untuk menyediakan alternatif solusi kendaraan yang
lebih baik. PT Bosowa Berlian Motor Makassar salah satu alternatif pilihan yang
tepat bagi konsumen yang menginginkan produk Mitsubishi. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran (Segmentasi, Targeting dan
Positioning) yang diterapkan oleh PT Bosowa Berlian Motor Makassar terhadap
peningkatan volume penjualan mobil melalui kepuasan pelanggan. Alat analisis
yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling). Responden
penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk Mitsubishi. Hasil analisis
menunjukkan bahwa Segmentasi tidak berpengaruh terhadap volume penjualan.
Sedangkan variabel targeting dan Positioning berpengaruh terhadap peningkatan
volume penjualan melalui kepuasaan pelanggan