Abstract:
ujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara berbasis dialog cerita anak di UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 pada siswa Kelas IV. Jenis penelitiannya adalah eksperimen dengan bentuk desain pre-exsperimental designs one group pretest-postest Design. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa-siswa Kelas IV Di UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar sebanyak 36 siswa dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbicara berpengaruh terhadap dialog cerita anak. Berdasarkan hasil analisis data independent sampel test sig (2. Tailed), diperoleh nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh kemampuan berbicara maka H0 di tolak dan H1 diterima. simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara berbasis dialog cerita anak Di UPT SPF SD Negeri Maradekaya 2 Kota Makassar pada siswa Kelas IV