Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan menginterpretasi:
1) Pengaruh tunjangan profesi terhadap kinerja guru; 2) Pengaruh supervise
kepala sekolah terhadap kinerja guru; dan 3) Pengaruh kepuasan kerja terhadap
kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Luwu Utara.
Desain Penelitian ini bersipat diskriptif dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan metode survey dengan sampel 57 orang.
Penelitian ini dianalisis dengan software SPSS 25.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Tunjangan profesi guru berpengaruh secara
positif dan signifikan terhadap kinerja guru kinerja guru SMA Negeri di
Kabupaten Luwu Utara, pemberian tunjangan profesi dapat sebagai bentuk
penghargaan atas profesionalitas guru untuk memaksimalkan kinerja guru dalam
mendidik siswanya di lingkungan sekolah. Supervisi Kepala Sekolah berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru kinerja guru SMA Negeri di
Kabupaten Luwu Utara. 2) Supervisi kepala sekolah yang difokuskan untuk
bimbingan, bantuan, dan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk
mengembangankan, memperbaiki, dan peningkatan kualitas mengajar guru dapat
meningkatkan kinerja guru secara berkesinambungan. 3) Kepuasan kerja
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru kinerja guru SMA
Negeri di Kabupaten Luwu Utara. Guru yang kepuasan kerjanya positif akan
menjalankan tugas dan fungsinya, memiliki tanggung jawab yang tinggi terhadap
kegiatan proses pembelajaran.