Abstract:
Simpedes adalah salah satu produk simpanan BRI yang dilayani di kantor
cabang dan kantor unit BRI selain Deposito,Britama,Giro dan TabunganKu.Suku
bunga simpanan yang minim dan beban biaya administrasi bulanan membuat
tabungan Simpedes BRI unit Pasar Terong bersaing dengan bank lain.Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh
bauran pemasaran jasa perbankan (harga,produk,tempat,promosi,orang,bukti
fisik,dan proses) secara parsial dan simultan terhadap keputusan nasabah dalam
memilih tabungan Simpedes dan untuk mengetahui variabel yang paling dominan
berpengaruh dalam memilih produk tabungan Simpedes pada BRI Unit Pasar
Terong Makassar. Data penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner.
Data primer dikumpulkan dari responden di penelitian ini adalah 100 nasabah
bank BRI.Temuan dari hasil penelitian ini adalah hasil persamaan regresi
mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan nasabah dalam
memilih tabungan Simpedes,maka di peroleh hasil koefisien regresi untuk
variabel produk, harga, lokasi,promosi, orang (karyawan),proses dan bukti fisik
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dalam memilih
tabungan Simpedes.