Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan pajak terhadap kesadaran wajib pajak orang pribadi pada Kantor
Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Utara. Objek penelitian ini adalah
Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak
(KPP) Pratama Makassar Utara.
Metode sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik
random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 wajib pajak
orang pribadi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data
primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden dan data sekunder
berupa bahan bacaan atau kepustakaan dan sumber data yang berasal dari Kantor
Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Utara. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran wajib pajak orang pribadi.
Hasilnya menunjukkan bahwa thitung>ttabel (8,192>1,984) dengan tingkat
signifikansi sebesar 0,000<0,05.