Abstract:
Kopi merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomi tinggi di antara tanaman
lainnya, berperan penting sebagai penghasil devisa negara. Kopi tidak hanya
berperan penting sebagai sumber devisa, tetapi juga menjadi sumber pendapatan
bagi sekitar setengah juta petani kopi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk
menerapkan bauran pemasaran produk kopi bubuk. Penelitian ini dilaksanakan
mulai bulan April – Mei 2022 yang dilaksanakan di Desa Karueng. Metode yang
digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini adalah pemilik usaha 1
orang dan karyawan 4 orang dengan menggunakan Simple Purposive Sampling.
Manajemen bauran pemasaran produk kopi bubuk di Desa Karueng terdiri dari
Fungsi Perencanaan, Fungsi Pengorganisasian, Fungsi Pelaksanaan dan Fungsi
Pengontrolan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Al Razak menerapkan
unsur-unsur yang dikenal dengan 7p. (1) Bauran Produk ini memiliki ciri khas
yaitu memakai nama brand kopi asik dan memiliki berbagai macam produk dan
varian proses. (2) Harga yang ditawarkan perusahaan disesuaikan dengan harga
pokok produksi perusahaan. (3) Kegiatan ini dilakukan di CV. Al Razak, pasar
sentral, toko-toko dan cafe. (4) Strategi promosi yang digunakan agar produk
sampai pada konsumen yaitu pemasaran langsung, personil seling dan periklanan.
(5) Memiliki karyawan yang cukup terlatih dan handal dalam melayani konsumen.
(6) Pelayanan di Perusahaan diawali konsumen melakukan pemesanan di kasir
maupun melalui telepon, website, instagram, facebook, bukalapak dan tokopedia.
(7) Dalam sebuah bisnis penataan ruang turut serta diperhatikan dikarenakan
dapat berpengaruh dalam kenyamanan pelanggan ketika berkunjung.