Abstract:
Penelitian ini mengidentifikasi implementasi dan faktor-faktor pelayanan pelayanan KTP-eL melalui Inovasi Jemput Bola Pada Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai. Penelititian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana subyek penelitian adalah
pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh
dengan melakukan wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen. Kemudian data dianalisa dengan metode kualitatif. Penelitian ini
membahas peningkatan kualitas pelayanan dengan pendekatan beberapa indikator yaitu pengembangan kelembagaan organisasi,
perubahan sikap dan karakter para pelaku birokrat, dan redesain proses pelaksanaan pelayanan. Implementasi inovasi pelayanan KTP-eL
diukur melalui prosedur pelayanan, produk pelayanan, waktu penyelesaian, biaya belayanan, dan kompotensi petugas pemberi layanan.
Sedangkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pelayanan, dilakukan beberapa pendekatan yaitu:
sumber daya manusia, anggaran, dan pendukung sistem. Pengembangan kelembagaan organisasi telah berjalan dengan banyaknya
berbagai inovasi sehingga dengan inovasi tersebut nampak kemampuan lembaga mengefektifkan penggunaan sumber daya manusia serta
keuangan yang tersedia. Dalam pelaksanaan inovasi tersebut dilihat dari prosedur, produk, waktu dan biaya serta kompetensi petugas
sudah ada warna baru dalam pelayan publik terkhusus pelayanan KTP-eL . Walaupun masih perlu ditingkatkan seperti peningkatan SDM
dalam bentuk pelatihan-pelatihan, anggaran yang memadai serta memperhatikan sarana dan prasarana yang dipakai petugas lapangan
dalam memberikan pelayanan langsung ke masyarakat.