DSpace Repository

PENINGKATAN PELAYANAN KTP-EKTRONIK MELALUI INOVASI JEMPUT BOLA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author Arma, Fausiah
dc.contributor.author Hamka, Husain
dc.contributor.author Juharni
dc.date.accessioned 2023-05-09T01:00:50Z
dc.date.available 2023-05-09T01:00:50Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.issn 23028831
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6139
dc.description.abstract Penelitian ini mengidentifikasi implementasi dan faktor-faktor pelayanan pelayanan KTP-eL melalui Inovasi Jemput Bola Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai. Penelititian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana subyek penelitian adalah pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen. Kemudian data dianalisa dengan metode kualitatif. Penelitian ini membahas peningkatan kualitas pelayanan dengan pendekatan beberapa indikator yaitu pengembangan kelembagaan organisasi, perubahan sikap dan karakter para pelaku birokrat, dan redesain proses pelaksanaan pelayanan. Implementasi inovasi pelayanan KTP-eL diukur melalui prosedur pelayanan, produk pelayanan, waktu penyelesaian, biaya belayanan, dan kompotensi petugas pemberi layanan. Sedangkan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan pelayanan, dilakukan beberapa pendekatan yaitu: sumber daya manusia, anggaran, dan pendukung sistem. Pengembangan kelembagaan organisasi telah berjalan dengan banyaknya berbagai inovasi sehingga dengan inovasi tersebut nampak kemampuan lembaga mengefektifkan penggunaan sumber daya manusia serta keuangan yang tersedia. Dalam pelaksanaan inovasi tersebut dilihat dari prosedur, produk, waktu dan biaya serta kompetensi petugas sudah ada warna baru dalam pelayan publik terkhusus pelayanan KTP-eL . Walaupun masih perlu ditingkatkan seperti peningkatan SDM dalam bentuk pelatihan-pelatihan, anggaran yang memadai serta memperhatikan sarana dan prasarana yang dipakai petugas lapangan dalam memberikan pelayanan langsung ke masyarakat. en_US
dc.publisher Paradigma: Administrasi Negara en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Inovasi en_US
dc.subject Publik en_US
dc.subject KTP-eL en_US
dc.subject Sinjai en_US
dc.title PENINGKATAN PELAYANAN KTP-EKTRONIK MELALUI INOVASI JEMPUT BOLA PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SINJAI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account