Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kinerja pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Sinjai yang dilaksanakan oleh birokrasi pemerintahan menyangkut pemenuhan hak-hak sipil masyarakat dalam penerbitan Dokumen
Kependudukan khususnya kartu Keluarga dan KTP-elektronik serta menggambarkan faktor pendukung dan penghambat yang
mempengaruhi pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan penelitian terdiri dari kepala dinas, sekertaris,
kabid kependudukan petugas pelayanan dan masyarakat dengan jumlah informan 9 orang, sumber data terdiri dari data primer dan
sekunder yang diperoleh dari tehnik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelayanan yang diselenggarakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai sudah cukup baik
dan sistematis. Pelayanan yang diberikan sudah dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat tentang dokumen kependudukan secara
legal, formal sesuai dengan peraturan perundang-undangan khususnya dokumen Kartu Keluarga dan KTP-elektronik. Dengan
mengaplikasikan teknologi berbasis komputer yang terintegrasi langsung kepusat dan seluruh Dukcapil seIndonesia serta dengan
kompetensi petugas yang mampu mengoperasikan komputer untuk mendukung kinerja petugas. Namun yang perlu ditingkatkan adalah
Sumber daya Manusia, peningkatan Anggaran yang dapat menunjang kesejahteraan petugas pelayanan serta peningkatan sarana dan
prasarana pelayanan yang merupakan factor penghambat pelayanan sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada Masyarakat